Thursday, September 8, 2016

PENGALAMAN MASUK JURUSAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN ( TKJ )




Hai sob!, gua mau cerita sedikit nih tentang “pengalaman gua masuk Jurusan Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 2 Tambusai Utara”. Ini merupakan pengalaman gua sendiri. Mungkin artikel gua ini bakal ngebantu temen-temen dalm menentukan dimana kamu akan melanjutkan sekolah, setelah SMP atau MTS?
Sebenernya kalo loh ingin menentukan kemana lho akan melanjutkan sekolah, itu tergantung pada minat lho-lho pada. Gak mungkinkan lho suka automotif dan gak pernah megang komputer tapi disuruh masuk TKJ dan lho iya iyakan aja. Pastikan lho bakalan milih apa yang lho sukai.  Dan hal yang lho sukai pasti lebih mudah untuk mempelajari dan memahaminya.oke gak usa panjang lebar kembali lagi ke TKP .
Saya sekarang duduk gua sekarang duduk dikelas XI (sebelas) jurusan TKJ SMK Negeri 2 Tambusai Utara . gusa merupakan murid yang mulai masuk ajaran tahun 2014/2015. Awal gua ingi masuk TKJ, berawal dari kesukaan saya terhadap computer sejak kelas 7 smp, dimulai saat gua diajak oleh teman gua untuk ngenet.
Saya mengetahui jurusan TKJ saat menginjak kelas 9, saat itu ada kunjungan dari SMK Negeri 2 Tambusai Utara. Karena gua harus menentukan kemana gua melanjutkan sekolah selanjutnya. gua mulai mencari Informasi tentang SMA sederajat dan jurusannya. Lalu gua mendengar bahwa di SMK terdapat jurusan yang berkaitan dengan Komputer, yaitu TKJ. TKJ merupakan Singkatan dari Teknik Komputer Jaringan, yang sudah pasti membahas komputer dan Jaringannya. ya iyalah

Karena gua memang suka komputer jadilah gua memilih jurusan tersebut, saat kelas 9 gua mulai browsing ke "Mbah google" :v "apa itu TKJ?", "apa itu SMK". Nah mulai dari situ gua jadi tau bagaimana TKJ dan SMK itu. 

Sebenarnya di SMK itu terdapat 2 jurusan yang berkaitan dengan Komputer yang pertama itu tadi, TKJ dan yang kedua itu RPL. 

Oke, lanjut lagi :v
Langsung saja ke dimana gua duduk dikelas X (sepuluh). Selama kelas X awal yang gua pelajari adalah tentang bongkar pasang CPU komputer. Tapi dengan mengetahui segala benda yang terdapat didalam CPU tersebut. Seperti: Harddisk, Processor, RAM, VGA, dll. 
Selain itu pada awal gua masuk TKJ gua juga belajar tentang apa itu Hardware, Software, dan Brainware? Hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak), Brainware? Cari tau sendiri :p

Selama kelas X gua  juga belajar bagaimana menginstall Sistem Operasi Windows XP, dan gua dibetahu juga bahwa Sistem Operasi bukan Hanya Windows, tapi ada Linux, MacOS (Apple), dll.. 
Saat semester 2 pembelajaran mulai masuk ke Jaringan komputer, apa itu Jaringan? Jaringan LAN itu apa? Apa apa apa? :v 
Semuanya akan dipelajari di TKJ nantinya. 
Saat semester 2 ini gua mempelajari cara membuat kabel UTP, kabel UTP ini adalah kabel yang berfungsi untuk menghubungkan satu perangkat jaringan dan perangkat jaringan lainnya. Contohnya: Komputer ke Hub, komputer ke komputer, Hub ke Access Point, dll. 

Masuk ke kelas XI (sebelas), selama semester 3 tidak banyak mempelajari tentang jurusan TKJ, dikarenakan kami Mulai PKL, PKL itu magang Vroh :v 
Lanjut aja ke semester 4, di semester 4 ini gua mempelajari tentang cara menginstal Sistem Operasi Debian, tepatnya yanga gua install adalah debian 5,3

Oh iya, selama kelas X dan XI gua juga mempelajari tentang Gerbang logika. Serta juga mempelajari Pemrograman Dasar pada PC. 

Gak kerasa udah hampir sejam gua ngetik, pegel :v
Mungkin segitu saja yang pengalaman yang gua bagikan sekarang, karena memang baru segitu pengalamannya Saya akan Update terus tentang pembelajaran Jurusan TKJ yang gua pelajari, sekian dari gua. 
Sebagai pengunjung yang baik, Tinggalkan komentarnya dan like fanspagenya ya :v 

Thank's.. salam x


6 comments

Write comments
Rendy Saputra
AUTHOR
December 19, 2017 at 12:14 AM delete

Agan sehabis lulus smk....lanjutin kuliah atau langsung kerja

Reply
avatar
ReangBlog
AUTHOR
October 12, 2018 at 6:49 AM delete

Udah dapet kerjaan belum gan?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
May 14, 2019 at 5:48 PM delete

Magangnya ngapain aja
Trus dimana?

Reply
avatar
Randi Maulida
AUTHOR
April 8, 2020 at 2:58 AM delete

Bang, saya ga punya laptop ataupun PC apakah saya bisa masuk ke jurusan TKJ?

Reply
avatar
Wkwkwwk
AUTHOR
May 8, 2020 at 1:09 AM delete

Bang saya udh daftar di TKJ dan udh di terima tapi saya tidak punya laptop atau komputer,,, gimna sarannya?

Reply
avatar