Thursday, September 8, 2016

CARA MEMBUAT KABEL STRAIGHT YANG BAIK DAN BENAR


Masih bingung sob tentang cara membuat kabel straight?, ok sekarang gak usah bingung lagi kali ini gua bakal buat artikal tenteng “cara membuat kabel straight yang benar dan baik”mungkin bagi pemula, agak meerepotkan . apalagi para anak TKJ yang baru mengenal jaringan computer. 

PENGERTIAN DAN FUNGSI KABEL STRAIGHT

Oke sop! Gua akan sedikit membahas tentang kabel straight dan fungsinya. Agar sobat gak bertanya-tanya, apa sih itu kabel straight? Dan apa sih fungsi kabel straight?. Sebelum kita membuat kabel straight. 

Pengertian kabel straight 
Kabel straight merupakan kabel yang memiliki cara pemasangan yang sama antara ujung yang satu dengan ujung yang lainnya. 

Fungsi kabel straight 
Kabel dengan kombinasi ini digunakan untuk koneksi antara perangkat yang berbeda jenis, seperti antara computer ke switch, computer ke hub/bridge, router ke switch, router ke bridge dsb. Kombinasi warnanya dapat kita lihat pada gambar berikut.


Keteranga:
1.      Putih-orange
2.      Orange
3.      Putih-hijau
4.      Biru
5.      Putih-biru
6.      Hijau
7.      Putih-coklat
8.      coklat
ALAT DAN BAHAN UNTUK MEMBUAT KABEL STRAIGHT
Ø Kabel UTP
Kabel UTP atau kepanjanganya unshielded twisted-pair. Kabel UTP adalah jenis kabel yang terbuat dari bahan penghantar tembaga, memiliki isolasi dari pelastik dan terbungkus oleh bahan isolasi yang mampu melindungi dari api dan kerusakan fisik.


Ø Konektor RJ 45
Konektor RJ 45 adalah konektor kabel Ethernet yang biasa digunakan dalam topologi jaringan LAN maupun jaringan computer tipe lainnya.


Ø Tang-crimping
Tang crimping adalah alat untuk memotong kabel UTP dan untuk menjepit ujung konektor, dan ini sangat penting sekali bagi kita yang ingin belajar cara mengkrimping kabel, alat ini hampir sama dengan tang biasa yang sering kita lihat atau temui.

Ø Pemotong jaket kabel
Pemotong jaket kabel adalah alat yang berguna untuk memotong jaket kabel dan meluruskan kabel, biasanya pemotong jaket kabel sudah bawaan saat kita membeli tang crimping.

Ø Cable tester
Cable tester adalah alat untuk menguji hasil krimpingan kita, tapi kalau krimpingan kita salah maka lampu di cable tester ini tidak akan menyala dan kalau hasil krimpingan kita sudah benar maka lampu di cable tester akan menyala dengan otomatis, jadi alat ini sangat berguna bagi kita untuk mengetahui hasil crimping kita . dibawah ini contoh gambar cable tester:





Langkah-langkah pengkabelan straight
1.      Ambil dan potong kabel UTP sesuai dengan jarak yang dibutuhkan dengan menggunakan tang crimping
2.      Kelupas jaket atau isolator kabel UTP kurang lebih 5 cm dengan menggunakan
pemotong jaket kabel

3.  Cek kondisi kabel, ada yang terputus atau tergores. Awalnya kabel akan terlilit menjadi 4 bagian..

5.      Langkah selanjutnya adalah memisahkan lilitan, kemudian luruskan tiap kabel sehingga bisa kita susun kabel sesuai urutan yang benar.

6.      Kalau sudah diurutkan dengan benar, potong ujung kabel jangan sampai ada kabel yang panjang sebelah

7.      Kemudian masukan kabel ke konektor RJ 45, jangan sampai salah urutan warnanya saat masuk ke konektor
  
8.      Lalu krimping konektor RJ 45 dengan menggunakan tang crimping

9.      Langkah terakhir, uji konektivitas kabel dengan cable tester. Jika sinyal antar kabel ada yang tidak hidup, kemunkinan kabel tidak sampai ke konektor RJ 45 atau anda belum terlalu kuat krimpinganya. Apa bila masih ada yang tidak hidup, maka proses harus diulang kembali.




Jika sudah selesai maka kabel straight yang benar seperti gambar di atas.

            Thanks ya sob!, uda mau baca artikel gua. Jika teman-teman ada cara lain, mungkin bisa share di komentar bawah ini. Nanti saya bisa masukkan di postingan ini. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman anda, agar teman anda mendapat informasi update.